Kenapa didaerah2 penetrasi ktm masih terasa sulit?

Brand asal austria ini memang terlihat melakukan banyak pergerakan akhir2 ini..namun ya jujur saja ya..saya sendiri di daerah2 kok masih sangat jarang sekali bertemu dengan motor ktm..entah itu saat di hari kerja..maupun di weekend yg identik dengan sunmori..

Kalok di kota besar macam jakarta mungkin masih kerap melihat motor yg identik berwarna orange ini..diliat dari kualitas produknya..ktm bagus banget lo..soal harga relatif terjangkau..bersaing dengan motor2 sport cc 150-250 dari jepang…lantas kenapa penetrasi produknya sulit?

Ada beberapa faktor yg coba kita bahas…yah faktor2 ini saya ambil dari pengamatan langsung di lapangan…

1. Nama brand yg masih kurang dikenal masyarakat awam..inget masyarakat awam lo..bukan bikers atopun anak club….coba deh dimulai dari keluarga dulu..coba tanya apakah kenal dengan brand ktm..Ya sebagian besar pasti bakalan bingung..apa itu? 

2. Kurangnya sosialisasi produk..disini yg saya maksud adalah pengenalan langsung dengan pameran dan test ride langsung ke masyarakat awam..bukan hanya anak club dan komunitas..bidiklah event2 di mall..di kampus…di sekolah…atopun acara2 lain…inget bapak2 jaman now itu kalok udah seneng..berapapun mau ngebayar deh..beda dengan anak club/komunitas yg kadanf fanatik sama satu merk..ya merk yg dia ikutin di clubnya lah..

3. Cara jitu namun terlihat lebay ya Coba promosikan lewat sinetron alay anak muda..dari emak2…abg..sampai bapak2 bakalan tau..apalagi kalok jagoan utamanya naik ktm..jadi promosi ngk hanya diajang balap aja lo..tengoo deh si ijo yg namanya makin tenar gegara sinetron

4.harus benar2 menanamkan mindset motor irit..kencang dan spare part aman ke konsumen…iyaa..setelah tau brand ktm..konsumen pasti akan menanyakan apakah motor ini irit…kencang dan spare part nya tersediakah? Disini untuk spare part coba deh kerjasama dengan bengkel non resmi yg ditunjuk per daerah…atau bisa juga kerjasama dengan minimarket yg udah tersebar ke penjuru pelosok untuk bisa beli spare partnya..macam produk india itu..bisa lo pesen di minimarket..dijamin ketersediaan spare part dan servis bisa menjangkau di daerah..inget lo..orang di daerah2 terkadang lebih berduit dari orang kota..

5. Coba deh jualan yg lagi ngetrend saat ini..ada dua genre motor yg masih ngetrend saat ini..ini bicara motor batangan ya…yaitu adventure dan retro..coba deh ktm bikin motor adventure mulai 200cc..dengan desain body macam ktm adventure 1190..duh siapa yg ngk ngiler? Biaa dongkrak penjualan lo..atau bikin motor tampang klasik tapi mesin dan teknologi modern? Wah banyak yg ngiler itu…

Ya mungkin segitu saja analisis ngawur saya soal penetrasi produk ktm di daerah2..bukan di kota aja lo harusnya produk ini ngaspal…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s